Khotbah Minggu 9 Februari 2014
Khotbah Minggu 9 Februari 2014
Minggu Efipani V
HIKMAT YANG BENAR
(1Kor 2:1-12, 13-16)
Bacaan lainnya menurut Leksionari: Yes 58:1-9a, 9b-12; Mzm 112:1-9,10; Mat 5:13-20
(berdasarkan http://lectionary.library.vanderbilt.edu/index.php)
Khotbah ini dipersiapkan sebagai bahan bagi hamba Tuhan GKSI di seluruh nusantara. Sebagian ayat-ayat dalam bacaan leksionari minggu ini dapat dipakai sebagai nats pembimbing, berita anugerah, atau petunjuk hidup baru.
Nats 1Kor 2:1-12, 13-16 selengkapnya dengan judul: Hikmat yang benar
2:1 Demikianlah pula, ketika aku datang kepadamu, saudara-saudara, aku tidak datang dengan kata-kata yang indah atau dengan hikmat untuk menyampaikan kesaksian Allah kepada kamu. 2:2 Sebab aku telah memutuskan untuk tidak mengetahui apa-apa di antara kamu selain Yesus Kristus, yaitu Dia yang disalibkan. 2:3 Aku juga telah datang kepadamu dalam kelemahan dan dengan sangat takut dan gentar. 2:4 Baik perkataanku maupun pemberitaanku tidak kusampaikan dengan kata-kata hikmat yang meyakinkan, tetapi dengan keyakinan akan kekuatan Roh, 2:5 supaya iman kamu jangan bergantung pada hikmat manusia, tetapi pada kekuatan Allah. 2:6 Sungguhpun demikian kami memberitakan hikmat di kalangan mereka yang telah matang, yaitu hikmat yang bukan dari dunia ini, dan yang bukan dari penguasa-penguasa dunia ini, yaitu penguasa-penguasa yang akan ditiadakan. 2:7 Tetapi yang kami beritakan ialah hikmat Allah yang tersembunyi dan rahasia, yang sebelum dunia dijadikan, telah disediakan Allah bagi kemuliaan kita. 2:8 Tidak ada dari penguasa dunia ini yang mengenalnya, sebab kalau sekiranya mereka mengenalnya, mereka tidak menyalibkan Tuhan yang mulia. 2:9 Tetapi seperti ada tertulis: "Apa yang tidak pernah dilihat oleh mata, dan tidak pernah didengar oleh telinga, dan yang tidak pernah timbul di dalam hati manusia: semua yang disediakan Allah untuk mereka yang mengasihi Dia." 2:10 Karena kepada kita Allah telah menyatakannya oleh Roh, sebab Roh menyelidiki segala sesuatu, bahkan hal-hal yang tersembunyi dalam diri Allah. 2:11 Siapa gerangan di antara manusia yang tahu, apa yang terdapat di dalam diri manusia selain roh manusia sendiri yang ada di dalam dia? Demikian pulalah tidak ada orang yang tahu, apa yang terdapat di dalam diri Allah selain Roh Allah. 2:12 Kita tidak menerima roh dunia, tetapi roh yang berasal dari Allah, supaya kita tahu, apa yang dikaruniakan Allah kepada kita. 2:13 Dan karena kami menafsirkan hal-hal rohani kepada mereka yang mempunyai Roh, kami berkata-kata tentang karunia-karunia Allah dengan perkataan yang bukan diajarkan kepada kami oleh hikmat manusia, tetapi oleh Roh. 2:14 Tetapi manusia duniawi tidak menerima apa yang berasal dari Roh Allah, karena hal itu baginya adalah suatu kebodohan; dan ia tidak dapat memahaminya, sebab hal itu hanya dapat dinilai secara rohani. 2:15 Tetapi manusia rohani menilai segala sesuatu, tetapi ia sendiri tidak dinilai oleh orang lain. 2:16 Sebab: "Siapakah yang mengetahui pikiran Tuhan, sehingga ia dapat menasihati Dia?" Tetapi kami memiliki pikiran Kristus.
-------------------------------------------------
Pendahuluan
Nats minggu ini kembali menekankan hikmat Allah yang sangat berharga dibanding dengan hikmat manusia. Tuhan Yesus memberi perumpamaan tentang hal yang berharga, seperti jangan berikan mutiara kepada babi (Mat. 7:6). Seekor babi jantan tidak akan semakin tertarik kepada babi betina apabila ia berkalungkan mutiara. Babi jantan tidak akan pernah bisa menghargai mutiara itu yang bagi kita sangat berharga. Perumpamaan ini yang terjadi pada jemaat Korintus yang tidak menghargai hikmat Allah. Namun Paulus mengasihi mereka agar iman mereka semakin bertumbuh dan berhasil sebagai orang-orang yang dipanggil menjadi kudus. Melalui nats minggu ini, kita diberi pengajaran sebai berikut.
Pertama: Iman yang tergantung pada kekuatan Allah (ayat 1-5)
Allah mengaruniakan akal pikiran dan intelektualitas di dalam diri manusia untuk dipakai memahami dunia ini beserta isinya, serta dipergunakan untuk mengelola sebagaimana mandat budaya yang telah diberikan oleh Allah kepada kita (Kej 1:28). Akan tetapi kita juga harus menyadari bahwa kemampuan kita dalam memahami dan mengelola ciptaan Allah itu tetap terbatas, seperti misalnya pertanyaan sederhana: mengapa beberapa jenis binatang yang sama-sama hanya makan rumput, tetapi menghasilkan bentuk kotoran yang berbeda? Kekeliruan dalam penggunaan akal pikiran dan keterbatasan manusia dalam memahami makna "dunia" membuat akal pikiran bisa menjadi melenceng dari kehendak Allah, seturut dengan tipu daya dan godaan iblis yang memang berkuasa atas dunia ini.
Akal pikiran dan intelektualitas manusia juga sangat terbatas dalam memahami Pribadi Allah dengan segala hikmat dan keberadaan-Nya. Keberadaan Allah dalam penciptaan manusia beserta semua warna dan nuansa mozaik kehidupannya tidaklah mudah dipahami dengan akal pikiran saja. Teori-teori psikologi dan psikologi analisis hanya dapat membantu untuk mencoba memahaminya, dan itupun banyak dengan generalisasi dan pengecualian. Kesaksian Allah atau penyataan Allah inilah yang menjadi titik utama yang Rasul Paulus tekankan, bagaimana jemaat Korintus telah memahaminya dengan salah, yakni dengan akal pikiran mereka saja. Rasul Paulus tidak ingin berdebat dan diskusi intelektual dengan para jemaat yang dikasihinya itu. Ia sadar bila menggunakan filsafat dan perdebatan, akan gagal (Band. Kis 17:32-34). Ia juga tidak mau menonjolkan keintelektualannya atau kepintarannya dalam menulis atau berpidato, tetapi ia lebih menekankan pesan Injil dari Kristus yang disampaikan dan mengatakan: biarlah Roh Kudus yang bekerja dengan pesan firman itu.
Ini merupakan teladan yang kita bisa ambil dalam melakukan penginjilan atau memberi kesaksian, yakni sampaikan saja firman dari Kristus secara sederhana, dan biarlah Roh Kudus yang bekerja di dalam hati setiap pendengar. Rasul Paulus lebih menekankan pengalamannya dan pengenalannya bahwa Roh Kudus yang menolong dan membantunya dalam penyampaian firman itu. Ia juga tidak mau memperpanjang perbedaan di antara mereka, tapi fokus pada pesan Kristus. Kesaksian Allah adalah pewartaan Kristus. Ia sangat sadar akan keterbatasan dan kelemahan manusia dan juga pribadinya, serta adanya rasa takut dan hormat pada Kristus (Ef 6:5; Flp 2:12). Ia tidak bersandar pada dirinya, melainkan pada pimpinan Roh, sebagaimana firman Tuhan berkata, supaya iman kamu jangan bergantung pada hikmat manusia, tetapi pada kekuatan Allah. Penting juga dilihat, Paulus bukan berarti menihilkan pentingnya belajar atau studi pendalaman sebagaimana ia juga pernah belajar tentang Injil setelah pertobatannya. Karunia pikiran manusia ada baiknya sepanjang dipakai dengan benar. Semua persiapan dan keindahan pesan penyampaian firman adalah baik dan efektip. Akan tetapi Roh Kudus yang akan memberi pimpinan dan kuasa pada firman itu sehingga bekerja dan bisa merubah diri seseorang dan akhirnya nama Tuhan dimuliakan.
Kedua: Hikmat yang benar (ayat 6-9)
Mereka yang merendahkan hatinya dan merasa tidak mampu menghadapi kehidupan ini hanya dengan kekuatan akal pikiran, mereka inilah yang dewasa rohani. Mereka inilah yang dikatakan Rasul Paulus orang-orang yang berpikir matang. Mereka tidak mengambil hikmat dunia sebagai pijakan utama, yang cenderung mendewakan materi, kenikmatan badani dan kekuasaan. Mereka juga tidak seperti penguasa-penguasa dunia, pemerintah yang sudah dikuasai iblis yang melihat kepentingan jangka pendek, merasa bahwa semua hal dan persoalan diselesaikan demi kepentingan dan kelanggengan pribadi, yang oleh Rasul Paulus dikatakan akan binasa dan berakhir. Cara berpikir itulah yang juga membuat Yesus tidak dapat dimengerti oleh mereka yang dianggap orang-orang berhikmat di dunia, seperti ahli Taurat, para Imam, Pilatus, Raja Herod dan lainnya, sehingga mereka menghukum Yesus mati dengan cara disalibkan. Bagi mereka, dengan Yesus mati, maka semua persoalan mereka selesai.
Tapi yang terjadi justru sebaliknya. Rahasia hikmat yang tersembunyi itu seperti misteri, yang sudah sejak lama menjadi ketakutan bagi manusia yang belum matang tadi. Misteri itu adalah bahwa manusia tidak dapat mengalahkan kematian. Manusia seolah-olah takut dan menyerah pada kematian, dan tidak tahu hal di balik kematian, yang bagi mereka bagaikan tembok maut gelap yang menakutkan. Akan tetapi, melalui hikmat Allah, rahasia kematian itu dibuka dan dibuktikan bahwa kematian dapat dikalahkan melalui iman percaya kepada Yesus yang telah bangkit dari kematian-Nya dan kemudian naik ke sorga. Yesus terbukti bangkit mengalahkan kematian dan Ia dapat melakukan itu sebab Ia tidak berdosa, maka kita juga harus tidak berdosa agar memiliki kesempatan yang sama untuk dapat mengalahkan kematian. Oleh karena sementara ini kita berdosa, maka dosa kita harus ditebus, dibayar lunas, dan Yesus bersedia menerima penebusan itu dengan mati di kayu salib. Itulah rahasia yang sudah diungkapkan kepada orang percaya (band. Rm 16:25-27; 1Pet 1:10-12).
Kita tidak bisa membayangkan bahwa Yesus yang bangkit itu telah menyediakan sebuah tempat sorga bagi kita, di dunia ini dan di akhirat nanti. Ia akan menciptakan bumi yang baru dan langit baru dan kita akan hidup bersama-Nya selamanya (Yes 65:17; Why 21:1). Inilah yang dikatakan ayat 9 sebagai "hal yang tidak pernah dilihat oleh mata, dan tidak pernah didengar oleh telinga, dan yang tidak pernah timbul di dalam hati manusia: semua yang disediakan Allah untuk mereka yang mengasihi Dia." Selama dalam proses itu Roh Kudus akan terus menyertai dan menguatkan kita dalam menjalani kehidupan ini. Pengharapan yang indah itu memberi kita keberanian dalam menjalani hidup, meski tidak harus diartikan kita dengan sengaja masuk ke dalam pencobaan. Dunia ini bukanlah yang sebenarnya kita harapkan. Yang terbaik akan tiba saatnya bagi kita. Rahasia ini tetap tersembunyi bagi mereka yang menutup hatinya atau bagi mereka yang belum pernah mendengar kabar baik itu.
Ketiga: Mengenal Roh Allah dan roh manusia (ayat 10-12)
Hikmat Allah yang dalam beserta sifat-sifat Allah adalah sesuatu yang tidak dapat dilihat dan diukur oleh manusia. Demikian juga rencana Allah dalam setiap orang percaya kadang tidak terjangkau akal pikiran kita, meski kita tahu itu adalah rencana yang indah dari-Nya. Semua rencana itu sebenarnya dikerjakan oleh Roh Allah yang bekerja sama dengan roh orang percaya, sehingga tercipta suatu sinergi dalam melaksanakan tujuan Allah, dan nama Allah lebih ditinggikan. Terjadinya sinergi itu hanyalah mungkin apabila manusia itu memahami hikmat Allah yang disebutkan di atas, proses pencerahan oleh Roh yang diberikan terus menerus yang berpusat pada penebusan dan keselamatan bagi setiap orang. Kesatuan Roh Allah dan roh manusia itu sekaligus dapat mengalahkan roh iblis yang berusaha membelokkan rencana Allah dengan memanfaatkan kelemahan manusia.
Kematian Yesus, kebangkitan dan kenaikan ke sorga diberikan sebagai jalan keselamatan bagi yang percaya pada penebusan-Nya. Mereka yang percaya akan menerimanya, dan mereka yang tidak percaya akan terus berjuang dengan akal pikiran dan perbuatan baiknya, dengan hikmat manusia, akan tetapi keselamatan kekal itu sulit diperolehnya. Kadang-kadang kita mungkin berpikir biarlah mereka terus berjuang dengan cara itu, dan kita yang sudah diselamatkan melalui percaya kepada Yesus menikmati secara penuh sukacita yang diberikan. Akan tetapi harus tetap ingat bahwa kita diselamatkan karena kita dipanggil untuk menjadi saksi-Nya. Kita dipanggil untuk bersaksi dan memberitakan kabar baik melalui Injil, yang semua itu berasal dari Allah bagi penyelamatan dan perdamaian dengan manusia.
Semua orang pada dasarnya harus bijak dan berhikmat. Akan tetapi berhikmat menurut akal pikiran manusia itu tidak akan sebaik dengan berhikmat dengan pimpinan Roh Kudus. Iblis dengan kuasanya yang jahat sangat mudah untuk menggoda dan menipu, sehingga kita mengikut hikmat manusia dan bukan memakai hikmat Allah. Kearipan rohani melalui pimpinan Roh Kudus akan lebih baik membimbing kita dalam mengambil kesimpulan dan jalan yang benar pada pilihan atau situasi yang sulit. Hikmat itu didapatkan dengan memakai firman dan menyerahkan pada pencerahan Roh Kudus, sehingga kita bisa tahu jalan yang terbaik dan kekal. Semakin besar keinginan kita untuk mengetahui hikmat Allah, maka Roh Kudus akan semakin membukakan rahasia hikmat itu (Yoh 16:13; Ef 1:17). Setiap orang percaya teruslah meminta hikmat ini agar dalam setiap langkah yang akan diambil, hikmat-Nya yang bekerja dalam kehidupan sehari-hari.
Keempat: Memiliki pikiran Kristus (ayat 13-16)
Pertanyaan yang paling utama, sejauh mana manusia mengenal Allahnya? Sejauh mana kita bisa memahami pikiran Allah? Kesaksian tentang Allah dan penyataan-Nya tetap memiliki keterbatasan. Injil Yohanes mengatakan kalau pikiran Allah yang dikerjakan oleh Yesus semuanya itu harus dituliskan satu per satu, maka agaknya dunia ini tidak dapat memuat semua kitab yang harus ditulis (Yoh 21:25). Alkitab mengatakan, tidak seorang pun (orang Yahudi dan yang tidak percaya) mengenal Allah dengan benar (Rm 11:34). Namun mereka yang percaya dan menerima Yesus akan mengenal Allah dengan benar dan menangkap bagaimana Roh Allah sebenarnya diam dan bekerja di dalam hati seseorang. Sebaliknya, mereka yang tidak mengenal Yesus tidak akan mengenal Allah yang utuh dan benar, Allah yang penuh kasih dan bersedia berkorban bagi anak-anak-Nya. Oleh karena itu, sering kita orang percaya tidak dimengerti oleh orang lain dengan kita membuat Yesus sebagai Tuhan. Itu merupakan hal yang bodoh bagi mereka. Tapi pikiran himat dunia itu sama seperti seorang yang tuli nada tidak akan mengerti dan menghayati musik. Seseorang yang menolak Yesus maka ia tidak akan memahami keindahan pesan-pesan-Nya. Dengan komunikasi yang sudah terputus, seseorang tidak akan mungkin mampu mendengar apa kata Tuhan kepada mereka.
Dengan pimpinan Roh Kudus, melalui firman yang sudah dinyatakan dalam Alkitab, orang percaya dapat melihat pikiran, rencana dan tindakan Allah, yang semuanya ini adalah pikiran Kristus. Melalui Roh Kudus, kita dapat mulai mengenal pikiran Allah, berbicara dengan Allah, dan berharap mendapatkan jawaban atas doa yang kita panjatkan. Memang untuk itu kita perlu menghabiskan cukup waktu untuk mengenal pikiran Kristus yakni di dalam Injil, sebagaimana Rasul Paulus alami dalam hidupnya. Hubungan yang intim dengan Kristus hanya terjalin bila kita cukup menghabiskan waktu dengan-Nya dan juga dengan firman-Nya. Mereka yang bersedia memberi waktunya inilah disebut sebagai manusia rohani. Manusia rohani tidak mengejar kepuasan duniawi dan tidak membuat ukuran dan nilai keberhasilan berdasarkan ukuran-ukuran duniawi. Akan tetapi ukurannya adalah agar kita dapat menaruh pikiran dan perasaan yang terdapat dalam Kristus Yesus (Flp 2:5).
Kita juga tidak akan berdiam diri membiarkan kelemahan orang lain sebagai alas an untuk pasif. Kita tetap merupakan saluran komunikasi yang dipilih Allah bagi mereka yang belum mengenal Yesus. Memang kita perlu cerdas dalam menggunakan setiap kesempatan untuk dapat menceritakan dan memberi kesaksian atas rahasia itu, rahasia hikmat yang merupakan pikiran Kristus sebagaimana tertulis dalam Alkitab. Seseorang yang ragu atau bertanya-tanya mungkin adalah tahapan Roh Kudus bekerja di dalam hatinya, untuk mengenal Allah yang benar dan mengambil keputusan untuk mengikut Kristus. Sejatinya, kuncinya terlebih dahulu adalah: bagaimana kita merespon ketika seseorang bertanya tentang imanmu, apakah kira-kira kita dapat menjelaskan dengan benar dan baik?
Penutup
Nats minggu ini menginginkan kita orang percaya menjadi manusia rohani yang penuh. Manusia rohani adalah mereka yang memahami rahasia hikmat Allah yakni kematian dan kebangkitan Yesus untuk penebusan dan bersedia mengikuti-Nya. Manusia rohani juga menerapkan hikmat Allah itu dalam kehidupan sehari-hari, baik dalam perkataan maupun perbuatan yang dasarnya adalah kasih dan pengorbanan. Ia bekerja sama dengan Roh Allah dalam menjalankan hikmat Allah itu. Imannya tergantung pada itu dan bukan pada akal pikirannya. Ia tidak mengikuti manusia duniawi, melainkan memakai ukuran-ukuran rohani yang terdapat dalam pikiran Kristus. Itulah rahasia yang diungkapkan dalam nats minggu ini, sehingga melalui kehidupan kita, kita semakin baik menjalani kehidupan ini dan semakin banyak orang yang mengenal dan mengetahui hilmat itu, dan tidak lagi menjadi misteri bagi mereka.
Tuhan Yesus memberkati.
(Pdt. Ir. Ramles Manampang Silalahi, D.Min adalah Wakil Sekretaris Umum Badan Pengurus Sinode Pusat GKSI. Catatan untuk hamba Tuhan yang menyampaikan firman, akan lebih baik jika pada setiap bagian khotbah diusahakan ada contoh atau ilustrasi nyata dari kehidupan sehari-hari dan juga diselingi humor yang relevan).
Berita Terbaru
Khotbah
-
Khotbah Minggu 24 November 2024 - Minggu XXVII Setelah PentakostaKhotbah Minggu 24 November 2024 - Minggu Kristus Raja - XXVII Setelah...Read More...
-
Khotbah (2) Minggu 24 November 2024 - Minggu XXVII Setelah PentakostaKhotbah (2) Minggu 24 November 2024 - Minggu Kristus Raja - XXVII...Read More...
-
Kabar dari Bukit, Minggu 17 November 2024Kabar dari Bukit HUKUM DI DALAM HATI (Ibr. 10:11-25) ”Aku...Read More...
- 1
- 2
- 3
- 4
Renungan
-
Khotbah Utube Membalas Kebaikan Tuhan Bagian 1Membalas Kebaikan Tuhan Bagian 1 Khotbah di RPK https://www.youtube.com/watch?v=WDjALZ3h3Wg Radio...Read More...
-
Khotbah Tahun Baru 1 Januari 2015Khotbah Tahun Baru 1 Januari 2015 Badan Pengurus Sinode Gereja Kristen...Read More...
-
Khotbah Minggu 19 Oktober 2014Khotbah Minggu 19 Oktober 2014 Minggu XIX Setelah Pentakosta INJIL...Read More...
- 1
Pengunjung Online
We have 12 guests and no members online